Jumat, 20 Mei 2016

mual dan muntah


Definisi mual atau nausea dan pengertian muntah (vomitus), serta fisiologi dan patofisiologi terjadinya gangguan kondisi kesehatan ini.

About these ads

Definisi Mual & Muntah

Pengertian mual (nausea), muntah (vomitus), dan fenomena yang terkait adalah penting untuk penilaian yang benar dan pengobatan gejala-gejala pada pasien, terutama yang menerima perawatan paliatif. Hal ini karena istilah ini keduanya kurang dipahami dan sering keliru dalam penggunaannya.

Apa itu mual dan apa itu muntah?
Mual adalah pengalaman yang sama sekali subyektif, didefinisikan sebagai sensasi yang segera mendahului muntah. Pasien menyatakan bahwa mereka merasa seolah-olah akan muntah, atau menggambarkan sensasi seperti merasa tidak nyaman atau sakit perut.

Muntah adalah peristiwa fisik yang sangat spesifik, didefinisikan sebagai evakuasi isi lambung yang cepat dan secara paksa dengan alur balik dari perut sampai dan keluar dari mulut. Muntah biasanya, namun tidak selalu, dilanjutkan lagi dengan mual. Muntah sifatnya berulang-ulang dimana terjadi kontraksi aktif otot-otot perut yang menghasilkan tekanan yang menyebabkan evakuasi isi perut. Muntah dapat terjadi tanpa keluarnya isi lambung dari mulut, disebut sebagai nafas kering (dry heaves), hal ini mengacu pada gerakan pernapasan spasmodik dilakukan dengan glotis tertutup.

Mual dan muntah perlu dibedakan dari:

Regurgitasi – sifatnya pasif, aliran retrograde isi esofagus ke dalam mulut. Regurgitasi terjadi dengan gastroesophageal reflux atau penyumbatan esofagus.
Ruminasi – gangguan makan yang sering dibingungkan dengan kondisi muntah. Ruminasi terjadi berulang-ulang setelah makan, tidak diawali dengan mual, dan tidak terkait dengan fenomena fisik biasanya yang menyertai muntah.
Dispepsia – nyeri kronis atau berulang atau ketidaknyamanan yang berpusat di perut bagian atas. Dispepsia dapat diklasifikasikan menjadi dispepsia struktural (berhubungan dengan asam) dan fungsional (terkait dismotilitas). Dispepsia fungsional pada pasien kanker disebut sindrom dispepsia yang terkait kanker (cancer-associated dyspepsia syndrome), ditandai dengan mual, cepat kenyang, merasa penuh post-prandial, dan nyeri.

Fisiologi Muntah

Bagaimana proses terjadinya mual dan muntah ?. Muntah biasanya dialami dalam serangkaian 3 peristiwa, yang hampir semua orang telah alami :

Mual biasanya terkait dengan penurunan motilitas lambung dan peningkatan tonus di usus kecil. Selain itu, sering terjadi pembalikan gerakan peristaltik di usus kecil proksimal.

Nafas kering (dry heaves) mengacu pada gerakan pernapasan spasmodik dilakukan dengan glotis tertutup. Sementara ini terjadi, antrum kontrak perut dan fundus dan kardia relax. Studi dengan kucing telah menunjukkan bahwa selama muntah-muntah terjadi herniasi balik esofagus perut dan kardia ke dalam rongga dada karena tekanan negatif yang ditimbulkan oleh upaya inspirasi dengan glotis tertutup.

Emesis adalah ketika isi usus lambung dan sering dalam jumlah kecil didorong sampai dan keluar dari mulut. Ini hasil dari serangkaian kejadian yang sangat terkoordinasi yang dapat digambarkan dengan langkah-langkah berikut (jangan mempraktekkannya di depan umum):

Ambil napas dalam-dalam, glotis tertutup dan laring dinaikkan untuk membuka sfingter esofagus bagian atas. Sementara, palatum molle dinaikkan untuk menutup nares posterior.
Diafragma dikontraksikan ke bawah untuk menciptakan tekanan negatif di dada, yang memfasilitasi pembukaan esofagus dan sfingter esofagus distal.
Bersamaan dengan gerakan ke bawah diafragma, otot-otot dinding perut dengan penuh semangat dikontraksikan, meremas perut dan dengan demikian meningkatkan tekanan intragastrik. Dengan pilorus ditutup dan kerongkongan yang relatif terbuka, rute dari jalur keluar isi perut akan lebih jelas.
Rangkaian peristiwa yang dijelaskan tersebut tampaknya menjadi khas bagi manusia dan hewan, tetapi tidak bisa dihindari. Emesis sering terjadi tiba-tiba dan kadang tanpa ada tanda-tanda, situasi ini sering disebut sebagai muntah proyektil. Penyebab umum muntah proyektil adalah obstruksi lambung, sering merupakan akibat dari konsumsi benda asing.

Ada juga variabilitas yang cukup besar antara spesies, dalam kecenderungan terjadinya muntah. Tikus dilaporkan tidak muntah, hewan ternak dan kuda jarang muntah, jika ini terjadi biasanya merupakan pertanda buruk dan paling sering akibat distensi lambung akut. Karnivora seperti anjing dan kucing sering muntah. Manusia berada pada yang ekstrem dan menarik, ada individu yang tampaknya tidak mampu muntah karena kelainan bawaan di pusat-pusat muntah dari batang otak.

Patofisiologi mual dan muntah karena penyakit hematologi

Sensasi berupa mual disebabkan oleh stimulasi dari satu atau lebih dari empat sistem yaitu:

Aferen visceral dari saluran pencernaan (vagus atau saraf simpatis) – sinyal-sinyal ini menginformasikan otak mengenai kondisi seperti distensi gastrointestinal dan iritasi mukosa.
Aferen visceral dari luar saluran pencernaan – sinyal dari saluran empedu, peritoneum, hati dan berbagai organ lain. Impuls ke pusat pusat muntah menjelaskan bagaimana, misalnya, batu di saluran empedu dapat menyebabkan muntah.
Aferen dari pusat extramedulla di otak (sistem vestibular), rangsangan psikis tertentu (bau, rasa takut), dan trauma otak dapat menyebabkan muntah.
Kemoreseptor trigger zone di area postrema (medulla) dasar ventrikel keempat, atau pusat-pusat yang lebih tinggi di sistem saraf pusat (SSP).
Saluran pencernaan dapat mengaktifkan pusat muntah oleh stimulasi mekanoreseptor atau kemoreseptor pada glossopharyngeal atau aferen vagal (saraf kranial IX dan X) atau dengan pelepasan serotonin dari sel-sel usus enterochromaffin, yang pada gilirannya merangsang reseptor serotonin (5-HT3) pada aferen vagal. Sistem vestibular mengaktifkan pusat muntah jika dirangsang oleh gerakan atau penyakit (misalnya labyrinthitis) atau ketika peka oleh obat-obatan (misalnya opioid). Reseptor Histamin (H1) dan Asetilkolin M1 muncul pada aferen vestibular. Racun endogen atau eksogen yang melalui darah dapat mengaktifkan kemoreseptor di postrema lantai ventrikel keempat melalui jenis reseptor dopamin 2. Akhirnya, pusat SSP yang lebih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar